Monday, March 25, 2024

Mengalah untuk Sebuah Persatuan dan Kebersamaan

Abdullah bin Mubarak menikmati kisah bisa menghidupkan hati




Wihdatul mathla=✓rukyahbglobal, negara lain mengikutin(ketika Islam menguasai, semua mengikuti supaya bersama²)
Ikhtilaful mathali= rukyah per negara skala nasional
Zaman Rasulullah tarawih 3 hari pertama di masjid selebihnya didalam rumah.
Namun Umar bin Khattab mengambil ijtihad syiar tarawih di masjid. Adanya tujuan untuk syiar kebersamaan kaum muslimin.
Begitu juga syiar sholat Ied antara pergi dan pulang berbeda, supaya terlihat kaum muslimin banyak karena yg berangkat beda yg pulang beda

Al-Anfal 8:46
وَأَطِيعُوا۟ ٱللَّهَ وَرَسُولَهُۥ وَلَا تَنَٰزَعُوا۟ فَتَفْشَلُوا۟ وَتَذْهَبَ رِيحُكُمْۖ وَٱصْبِرُوٓا۟ۚ إِنَّ ٱللَّهَ مَعَ ٱلصَّٰبِرِينَ
Indonesian - Sabeq Company
Dan taatilah Allah dan Rasul-Nya dan janganlah kamu berselisih, yang menyebabkan kamu menjadi gentar dan kekuatanmu hilang dan bersabarlah. Sungguh, Allah beserta orang-orang sabar.
Get Quran App: https://gtaf.org/apps/quran
#GreentechApps
Sabda Rasulullah ketika diperintahkan berpuasa dan idul Fitri "berpuasalah kalian bersama masyarakat, idul Fitri bersama masyarakat, idul Adha bersama masyarakat"
Kita dikondisikan harus selalu bersama dalam beribadah dan berhari Raya, bagaimana ini adalah kebutuhan bukan hanya sekedar perintah.
Abdullah bin Mas'ud
Sahabat yang mengeluarkan jawaban tentang safar untuk mengambil hukum ruksoh untuk jama'

Sabda nabi "Allah menyukai memberikan keringanan dan senang diambil keringanan nya bagaimana Allah senang perintah nya dilaksanakan dan kemurahan hatinya diterima".

Ketika safar ada yang tidak mengambil ruksoh dia telah mengambil pendapat yg menyelisihi pendapat yg kuat (Abdullah bin Mas'ud)
Usman bin Affan berbeda pendapat jika
sudah sampai ditempat tidak perlu mengambil ruksoh .
Safar syair (sedang dalam perjalanan)
Safar nazil (sudah sampai tujuan)
Ketika Abdullah bin Mas'ud bermakmum dengan sahabat Utsman bin Affan (imam) yang mengumumkan akan sholat sempurna saat tiba ditempat safar.
Sahabat yang mengambil ilmu dari Abdullah bin Mas'ud bertanya mengapa sholat sepurma kepada Abdullah bin Mas'ud
"Memelihara perbedaan untuk menjaga persaudaraan dan kebersamaan"

Imam Ahmad , di suatu tempat
Ada imam di suatu wilayah yang mengambil pendapat imam Syafi'i (guru imam Ahmad) yang saat mengimami shalat dan melakukan qunut. Imam Ahmad padahal mengatakan qunut perkataan yg tidak dicontohkan nabi. Namun ketika menjadi makmum beliau mengikuti qunut, lalu ketika ditanya
Imam Ahmad"saya tetap melakukan qunut untuk menjaga kalimat kaum muslimin, dan menyatukan hati kaum muslimin, supaya tidak ada kebencian satu sama lain"
Imam Ahmad tetep mendoakan sang guru imam Syafi'i selama 20 tahun

Imam Auzai dan Imam Sufyan At-Tsauri
Mereka berdua punya Mazhab masing² dan sering berbeda beda pendapat namun suatu ketika Imam Auzai menunggangi kuda ke suatu tempat, Imam Sufyan ada disitu, bergegas menjemput nya. Dan Imam Sufyan menuntun kudannya Imam Auzai hingga memberikan jalan bagi saudara nya "minggir, ahli ilmu lewat"
Saling menghormati dan tidak berselisih.

Pernah terjadi fitnah menimpa muslim .
Terjadi pertikaian Abdullah bin Zubair dengan Abdul Malik Marwan 2
Menarik perhatian kekaisaran Romawi Timur, ketika terjadi berkobar perang saudara. Para pembesar memberikan insight untuk menyerang ketika sedang perang saudara.
Kaisar Romawi menolak dan memberikan pandangan contoh.
Yustianus ke-2 meminta 2 serigala didatangkan dan diadu, setelah saling bertarung. Di datangkan rubah, tiba² lupa mereka berkelahi, mereka bersatu melawan rubah hingga mati. Mereka fokus pada musuh, bisa jadi kita kalah seperti rubah
Ibnu Taimiyah bermazhab Hanabilah
"Semua orang sadar antara aku dan pengikut ada gesekan di ruang debat ilmiah, namun saya orang yang paling berkomitmen untuk terus bersaudara bagaimana pun mereka adalah saudara kita dalam bingkai ahlussunah waljamaah."

Ramadan menjadikan pembelajaran untuk menghargai perbedaan dan menyikapi dengan bijak. Jangan sampai kita diadu domba setan

Iman selalu menjadi mahar terindah untuk saling mencintai
Day 15
Ust. Oemar Mita 

No comments:

Post a Comment

Rahmat Allah Itu Nyata Dan Hati Yang Takut Ketika Ramadhan Berlalu

  Eps.29&Eps.30 Imam Ibnu Qayyim Berbahagialah ketika mengetahui kadar dirinya. Kalau lah masuk neraka dia tahu karena kesalahannya K...