Monday, March 18, 2024

Menjadi versi Terbaik Manusia di Hadapan Allah

 Ada pola ilmu untuk meraih Rahmat Allah yang harus kita pahami. Salah satu nya menjadi versi Terbaik dalam beramal dan menjadi hamba Allah. Maka harus paham amalan yang Allah mudahkan untuk diri kita. Tidak semua individu dimudahkan dalam beramal.


Al-Isra' 17:84

قُلْ كُلٌّ يَعْمَلُ عَلَىٰ شَاكِلَتِهِۦ فَرَبُّكُمْ أَعْلَمُ بِمَنْ هُوَ أَهْدَىٰ سَبِيلًا 

Indonesian - Sabeq Company

Katakanlah (Muhammad), “Setiap orang berbuat sesuai dengan pembawaannya masing-masing.” Maka Tuhanmu lebih mengetahui siapa yang lebih benar jalannya.

Get Quran App: https://gtaf.org/apps/quran

#GreentechApps

Setiap kita diperintahkan beramal dengan apa yang Allah ringankan dan Allah mampukan untuk kita


Imam Malik "Allah itu senantiasa membagi amal sebagaimana Allah membagi setiap rezeki nya kepada setiap hambanya"

Para sahabat memiliki keragaman amal yang Allah mudahkan bagi mereka

Ulama = Ibnu Umar 

Ubay bin kaab = istimewa dengan Alquran

Utsman bin Affan = fasih dengan harta kekayaan .

Mereka Tidak dijadikan satu frekuensi oleh Allah 


Abu Bakar sosok istimewa dimudahkan dalam ikhlas , sholat, sedekah , tawadhu,berjihad . Tidak heran , diantara sedikit yang dipanggil dalam 8 pintu surga yaitu Abu Bakar salah satu nya .



Suhail bin Amr

Melakukan perjalanan dengan istri dikepung perampok, diambil semua harta juga perbekalan makanan.

Ketika gerombolan perampok menikmati hasil curian, namun ketua nya tidak makan, Suhail bin Amr tertawan dan melihat gerombolan tersebut berpesta, saat melihat ketua tidak menikmati, Suhail bertanya kepada ketua tsb.

Ketua "aku sedang berpuasa"

Suhail bin Amr tertegun namun berpikir itulah kelak nanti jadi amalan terbaik dia dihadapan Allah.

Akhirnya gerombolan berpisah. Satu tahun kemudian Suhail bin Amr melakukan haji dan kaget ketemu sama ketua geng perampok waktu itu. Ternyata ketua sedang tawaf. Suhail mendekati nya dan mengingatkan bahwa dia yang pernah dirampok dst. Ketua itu berkata sudah bertaubat dan memohon maaf terhadap dirimu yang telah aku zolimi.


Dari sini ketika ada amalan baik yang senantiasa di lakukan maka Allah memudahkan nya untuk menghentikan segala maksiat ny dan memberikan jalan taubat bagi nya.


Abdurrahman AlHaffar

 (tukang gali kubur)

Didatangi ibu yg sedih minta digalikan lubang untuk keluarga nya. Dibawa lah jenazah yang dibantu sama Abdurrahman.

Ketika Abdurrahman turun keliang lahat, terlihat pasukan kuda gagah yang menyambut jenazah. 

Karena kaget, dia bertanya ke ibu nya. Namun sang ibu sedang sedih, tidak mau menjawab.

 Sebulan kemudian datang lagi sang ibu dengan bersedih yang minta digalikan lubang untuk keluarga nya lagi.

Gali lubang lagi datanglah keluarganya yang tidak banyak, dan dibantu lagi . Semakin kaget, Ternyata datang lagi rombongan kuda yg lebih banyak dari satu bulan sebelumnya. Abdurrahman bertanya lagi ke ibu nya siapa dua orang yang dikuburkan nya.

Ibu "Dua²nya adalah anakku".

Apa amalan anak²mu?

Anak ku yg pertama penghafal hadis Qur'an dan pencari ilmu

Anak ku yg kedua adalah kakanya bukan pencari ilmu bukan pula penghafal hadits. Abanglah yang mempersiapkan modal dan bekerja keras untuk adiknya mencari ilmu 

Sejak itu lah menjadi tolak ukur Abdurrahman mencari ilmu ke Damaskus dan menjadi ulama


Ummu MIHJAN

Telaten dengan kebersihan, rajin membersihkan. Datang ke Rasulullah "aku tidak punya kepandaian lain selain menyapu, izinkan aku menyapu dan membersihkan masjid Nabawi" diizinkan Rasulullah dan dilakukan sampai beliau wafat.

Rasulullah bertanya kenapa ketika Ummu MIHJAN wafat tapi beliau tak diberitahukan. Rasulullah mendatangi kuburan beliau dan mensholati juga mendoakan nya


Nu'aiman bin Amr

Sahabat yang lucu bikin Rasul tertawa, namun dia pemabuk, sering di cambuk. Hingga ke-5x ,ada sAtu sahabat yang mengatakan "semoga Allah melaknat nu'aiman karena kelakuan mabuk²"


Rasulullah berkata "jangan mencela nu'aiman namun hati nya cinta kepada Allah dan rasul-nya" meski pemabuk dia senantiasa mengikuti perang tak pernah absen. Selalu membela kalimat Allah.

Bukan untuk membenarkan pemabuk, namun ini memberikan pembelajaran ada sisi² terbaik nya dengan kecintaan Allah dan Rasul-Nya mendapatkan perhatian.


Abu Mihjan

Malik bin hubayyib At- Tsaqafi

Sama pecandu khamr, masyarakat sana memang terbiasa dengan khamr. Bagi mereka ujian yang sulit ketika datang larangan khamr . Abu Mihjan juga di cambuk berkali²

Ada komandan Sa'ad bin Abi waqqas "kamu bukan hanya aku cambuk, tapi kamu juga tidak boleh ikut berperang" DIA DI ikat di tiang,, dia sedih dan bersenandung sedih karena tidak bisa ikut jihad, di dengar oleh istri nya Sa'ad bin Abi waqqas yang kemudian membebaskan ikatan nya, tapi kamu harus menutupi wajah dan harus kembali kesini sebelum yg lain kembali 

Naiklah kudanya Sa'ad bin Abi waqqas yang bernama BalqA..


Sa'ad bin Abi waqqas bertanya² siapa pejuang yang sangat hebat jugaa dengan kuda yang sekilas mirip dengan kudanya. Dia teringat Abu Mihjan dan kudanya tapi kan sedang di ikat di tiang.


Sampai perang berakhir, abu Mihjan kembali lebih awal dan tidak ada yang tahu.

Kisah ini baru terkuak beberapa tahun di sampaikan oleh istri nya Sa'ad bin Abi waqqas 


Allah itu senantiasa membagi amal sebagaimana Allah membagi setiap rezeki nya kepada setiap hambanya" (Imam Malik). 

 Betapa pentingnya mengetahui versi terbaik diri kita untuk mengetahui potensi amal kita. Jadilah versi terbaik diri kita dan lakukan amalan yang Allah mudahkan untuk kita

- ust. Oemar Mita (Day 8) -

No comments:

Post a Comment

Rahmat Allah Itu Nyata Dan Hati Yang Takut Ketika Ramadhan Berlalu

  Eps.29&Eps.30 Imam Ibnu Qayyim Berbahagialah ketika mengetahui kadar dirinya. Kalau lah masuk neraka dia tahu karena kesalahannya K...