Sunday, March 17, 2024

Harapan untuk diampuni itu selalu ada, apapun dosamu

 Day 7

Resume kajian Syameela series

30 hari kisah mempesona by Ust. Oemar Mita



Rahmat Allah lebih besar daripada kemaksiatan yang kita lakukan dimasa lampau.

Berikut puzzle² kisah terdahulu yang senantiasa berharap ampunan Allah.


Abu Hurairah menceritakan Ada seorang sahabat 

Ma'iz bin Malik

berkata "Ya Rasulullah tolong sucikan diriku"

Rasulullah "pulang lah wahai Ma'iz bin Malik, minta ampunan di Rumah mu", 

Pulanglah tapi kembali lagi berkata kepada Rasulullah dan mengulangi kata² yang sama sampai 4x . Rasulullah merespon hal yang sama sampai ke-3 dan yang ke -4 Rasulullah menanggapi "Apa yang engkau hendak mau di sucikan"

Ma'iz bin Malik "Aku berzina"

Hukuman bagi pezina yang sudah menikah "dipersiapkan lubang hingga Tinggal keliatan kepala nya, dan dilempari batu ukuran sedang (dirajam)


Ketik Ma'iz bin Malik Rasulullah tidak langsung menghukum, tapi beliau bertanya² dan mengkoreksi kepada sahabat, apakah dia gila apakah dia mabuk ternyata tidak. Apa benar² berzina? Ya Rasulullah.

Akhirnya Ma'iz bin Malik dihukum rajam , meninggal dan dikuburkan.

Sebagian para sahabat berdebat Ma'iz bin Malik meninggal antara su'ul khatimah atau Husnul khatimah setelah eksekusi rajam. 

Setelah beberapa hari Rasulullah memberitakan bahwa taubat nya Ma'iz bin Malik diterima Allah SWT dan jikalau dia diizinkan memberikan syafa'at seluruh penduduk Madinah akan mendapatkan syafa'at nya dari taubat nya Ma'iz bin Malik.

Tidak ada dosa yang tidak diterima taubatnya selama masa hidup kita.

Sesungguhnya di bulan Ramadhan ada masa pemutihan besar²an untuk harapan mendapatkan ampunan dari Allah SWT.

Ampunan Allah lebih besar dari dosa seluruh manusia 


Abdullah bin Mas'ud menceritakan sesosok lelaki yang tak tersebut namanya.

Laki² yang beribadah 60 tahun namun berzina 6hari berturut-turut.

Dia beribadah selama 60 tahun, tiba2 lewat seorang wanita yang lewat di depan rumah yang biasa dia ibadah, terjadi rayu-merayu dan perzinahan hingga 6 hari berturut-turut, tiba² laki² ahli ibadah sadar akan dosa tersebut, lalu dia lari meninggalkan rumah tempat ibadahnya, dia lari terus menerus dan kecewa juga benci pada diri nya bahwa 60 tahub ibadah tapi menyesal 6 hari berzina, sampai akhirnya dia kelelahan di jalan. Sampai ada yang memberinya sepotong roti, dan hendak melahap tiba² sebelahnya ada orang tua yang gemetar, akhirnya merasa kasihan dan 2/3 roti diberikan ke orang tua. Dia rela secuil . Allah kirimkan malaikat maut mencabut nyawa laki² tsb. 

Lalu dia di sidang Allah , "Allah tetapkan kamu beribadah 60 tahun dan zina 6 hari diletakkan ditimbangan ternyata catatan dosa zina 6 harinya nya lebih berat timbangan nya dibanding ibadah 60 tahunnya. Dia kaget dan pasrah dengan Murkanya. Allah berkata Ada satu amalan yang belum ditimbang ketika kamu memberikan roti kepada orang tua sebelum ajal bahwa ikhlas semata² karena Allah. Saat ditimbang ternyata berat nya jauh lebih berat dari dosa zina 6 hari berturut-turut. MasyaAllah karena ikhlas kepada Allah maka masih ada harapan mendapatkan Rahmat dan ampunan dari sisi Allah dan kita tidak boleh putus asa.



Laki² yang berwasiat minta dibakar 

 Sepanjang hidup nya bermaksiat, dan ketika menjelang kematian memberikan wasiat dia minta dibakar hingga menjadi abu, dan minta abu nya di sebar di lautan.

Ketika dia disidang Allah, dibangkitkan lagi tubuh sempurna.

"Aku menyangka ketika di sebar aku tidak akan dibangkitkan secara utuh aku takut pada mu ya Allah, karena bodoh dan banyak maksiat dan dosa"

Allah ampuni dan dia mendapatkan Rahmat dari Allah karena takut nya kepada Allah.


Sesungguhnya memiliki hati yang takut pada Allah lebih mulia daripada hati yang sombong terhadap amal²


Kifl

Seorang Bani Israil yang banyak Segala dosa dan maksiat dilakukan, suatu ketika ada perempuan yang menarik minat nya. Dia menawarkan 60 Dinar (300 juta) untuk wanita ini. Lalu mereka mencari tempat untuk melampiaskan syahwat nya. Ketika dia mendatangi dengan cara yang tidak halal. Ketika wanita itubmembuka diri

"Zina adalah dosa yg belum pernah aku lakukan dan aku takut kepada Allah"

Kifl ketakutan mendengar kalimat wanita tsb dan akhir nya menutup pakaian dan memberikan 60 Dinar kepada wanita tsb. Akhirnya kifl pergi dan bertaubat takut kepada Allah. Sampai dia meninggal dan Allah mengampuni dosa² Kifl.


Kita pendosa tapi tidak boleh hilang harapan bahwa dosa² kita akan diampuni Allah.


Apapun dosanya tidak boleh berhenti berharap dari rahmat dan ampunan Allah subhanahu wa ta'ala


Allah tidak akan menyia-nyiakan orang yang kembali kepadaNya

No comments:

Post a Comment

Rahmat Allah Itu Nyata Dan Hati Yang Takut Ketika Ramadhan Berlalu

  Eps.29&Eps.30 Imam Ibnu Qayyim Berbahagialah ketika mengetahui kadar dirinya. Kalau lah masuk neraka dia tahu karena kesalahannya K...