Friday, March 22, 2024

Salah Berprasangka Lebih Baik Daripada Salah Memvonis

Ketika futur - malas = ambil wudu, sholat 2 raka'at berdoa "yaa muqollibal qulub wa tsabbit qolbi 'alaa diniik wa tho'atiik"



Ramadhan bukan hanya kondisi menjaga perut dari makanan dan minuman tapi upaya juga menjaga hati.
Kerusakan pada Ramadan "ujub pada ibadah, merasa muliaa perbuatan dan amal"
Terkadang merendahkan amal orang lain dan membandingkan dengan amal perbuatannya hingga meremehkan dan merasa ujub
Padahal bisa jadi semua amal perbuatan orang lain lebih baik disisi Allah Karena hanya Allah yang maha tau kondisi mahluk nya.
Maka Jangan berprasangka buruk terhadap saudara muslimin. Berprasangka baik lah apapun kondisi  yang nampak, supaya kita dapat pahala dibandingkan kita salah vonis bisa berakibat lamanya disidang Allah kelak.

Abu DARDA
pernah menjumpai seorang pemuda dengan dosa yg diperbuat, hingga seluruh masyarakat membenci dan laknat pemuda tsb.
"Jangan kalian mencela lagi, karena mencela semakin menenggelamkan. Jika menjumpai saudara mu tenggelam sumur, apa kamu akan mengulur tangan atau mencela hingga tenggelam"
Maka masyarakat memilih mengulurkan tangan.
Maka Jangan membantu setan menambah kesesatan bagi pelaku dosa " Jangan mencela lagi , bersyukurlah pada Allah, Allah memaafkan dan menjaga kalian dari pelaku dosa, hal tsb terjadi karena Allah, maka jangan menenggelamkan dan semakin tersesat disebabkan hujatan dan celaan."

Rasulullah "Jangan mencela seseorang dengan dosanya, bisa jadi kamu di uji dengan dosa yg sama sebagaimana dosa yang kamu cela"

Wahb bin munabbih ulama dari kalangan tabi'in menceritakan suatu kisah
Musa  di perintahkan Allah untuk mengurus seorang jenazah
Ada mayat di tempat pembuangan sampah
Mereka enggan mengurus mayat karena pelaku dosa dan kemaksiatan .
Allah memberitahukan nabi Musa"sesungguhnya pelaku dosa tsb menjelang kematian, bertaubat •jika aku diampuni maka setan bersedih, para nabi bergembira, dan sebaliknya• Maka Allah ampuni dosa² & kemaksiatan "

Riwayat dalam muslim
Rasulullah bercerita2 orang laki² berbeda sifat
1. Taat senantiasa menasehati saudara ke-2 yg lalai
Yg ke-2. Lalai
Akhirnya saudara ke-1 kesel dan gemes dan meninggalkan saudara ke-2.
Namun sebelum meninggal saudara ke-2 bertaubat
Yg ke-1 juga meninggal.
Akhirnya ketika dibangkitkan kepada keduanya ditanyakan"Allah berfirman siapa yang mencatut namaKU, bahwa tidak ada ampunan dariku, aku hapuskan semua amalannya. Justru saudara ke-2 Allah terima taubat nya dan masuk surga

Sultan abdul Hamid 2
Mau pergi ke suatu kota tanpa suatu alasan dengan keinginan yang besar.
Sampai di kota tsb ada mayat tapi tidak ada yg mengindahkan.
Yaitu mayat pendosa, Pezina, peminum khamr.
Empatinya sebagai Khalifah, lalu sultan bertanya rumah jenazah dan akhirnya berjalan sampai ke rumah keluarga jenazah tsb.
Sang istri jenazah heran pada orang asing yg membawa jasad suaminya. Menangis' dan bercerita "suami ku bukan pelaku dosa tapi masyarakat berburuk sangka. Dia suka ke tempat bar untuk memborong khamr dibawa pulang dan ditumpahkan di kamar mandi. Dia melakukan agar mengurangi dosa para pemabuk ketika tak menemui khamr. Beliau juga sering menemui Pezina dan memberikan uang tiap malam, supaya dia tidak berzina malam itu. Sang istri sempat khawatir karena sudah banyak desas desus bahwa sang suami adalah pemabuk dan Pezina, bagaimana kelak jika kau mati siapa yang akan mengurus jenazah mu. Sang suami berkata "tidak mengapa tidak ada yang mengetahui, jika amalku ini Allah terima, maka Sultan Abdul Hamid akan datang mengurus dan menyolatkan jenazah ku".
MasyaAllah, Sultan Abdul Hamid 2 membuka sorbannya dan akhirnya mengetahui kenapa dia sangat berkeinginan hadir di kota itu, ternyata Allah yang kirimkan karena amal perbuatan laki² tsb Allah terima dan kabulkan doa nya. Jenazah tersebut di sholati ribuan orang

Ada satu ulama bersama anaknya tahajud sepanjang malam. Buka nak jendela rumah, ternyata banyak yg masih gelap rumah tetangga nya. Anaknya tak sadar berucap, lihat lah Abi banyak yang masih terlelap. Sang ulama marah dan meninggi "LEBIH BAIK KAMU TIDUR SEPANJANG MALAM DAN MERENDAH DARIPADA KAMU TAHAJUD SEPANJANG MALAM LALU BANGUN SUBUH DAN MENINGGI HATI"

Day 12 ~ Ust. Oemar Mita


No comments:

Post a Comment

Rahmat Allah Itu Nyata Dan Hati Yang Takut Ketika Ramadhan Berlalu

  Eps.29&Eps.30 Imam Ibnu Qayyim Berbahagialah ketika mengetahui kadar dirinya. Kalau lah masuk neraka dia tahu karena kesalahannya K...