Thursday, March 21, 2024

APA YANG KAMU RAGUKAN DARI KEMURAHAN SIFATNYA ALLAH

 

Iman memberikan jalan sekaligus obat ketika dikipas²i setan yang membuat khawatir akan rezeki. Maka tumbuhkan keyakinan bahwa rezeki sudah Allah tetapkan dan garansi dapat rezeki terbaik dari sisi Allah SWT.
Ketika khawatir masalah rezeki mari renungkan oleh makhul ulama salafus salih "bagaimana khawatir akan rezeki bahwa sudah disediakan Allah sebagai pengatur rezeki, lihat saja ketika didalam rahim si calon bayi tidak stress melainkan tenang dapat asupan makanan dari ibunya, ketika awal lahir sempat menangis karena sempat khawatir saat diputus tali pusar karena diputus rezeki nya dari apa yang dimakan ibunya, lalu dikazih lah air susu dan merasa tenang, anak²-baligh masih merasa tenang orang tua nya menanggung rezeki nya. Kalaupun bekerja membantu orang tua yakin Bahwha Allah akan kasih rezeki
Setan yang membuat was was dan khawatir masalah ekonomi / rezeki ketika sudah dewasa.

Iman memberikan ketenangan dalam masalah ekonomi/rezeki

Malik bin Dinar
Punya rumah sederhana selalu Ada Kucing mendekati nya sedang sarapan, ketika diberi makanan, bukan makan ditempat tapi dibawa keluar tanpa dimakan sedikit pun. Malik bin Dinar penasaran dan mengikuti ternyata ditaruh di lubang ular yang buta dan tua

Ibrahim bin Adham
Buruan nya direbut burung gagak, diikuti ternyata burung gagak membawa buruannya kepada orang yg ternyata korban perampokan yg kelaparan, Allah kirimkan burung gagak sebagai pembawa sumber rezeki nya

Ibnu Absyadz  anNawi
Sedang makan diatas masjid Jami di Mesir.
Ada kucing yg ambil makanan dari dirinya dan jama'ah lain. Koq banyak banget, tapi kucing tersebut pergi dan kembali. Akhirnya diikuti kucing tsb sama jama'ah yg penasaran, sampai kucing itu melewati dinding yang susah tapi akhirnya ketemulah kucing yg buta sakit, tapi di sekelilingnya ada banyak makanan.
"Jika kucing hewan bertaring Allah kasih rezeki ternyata dilimpahkan pada kucing yg buta dan sakit, bagaimanakah manusia yang Allah prioritas kan terlebih yang beriman"
MasyaAllah Allah menjamin rezeki kita, jangan sedih berlebihan. Yang belum dijamin adalah akhirat kita

Ummu Ja'far istri Harun al-Rasyid
Mendengar doa pengemis pertama "Allah aku memohon kemurahanMu
Doa pengemis kedua "Aku memohon kemurahan hati Ummu Ja'far
Disuruh pembantu nya untuk memberikan
2 dirham = pengemis pertama bersyukur kepada Allah
Ayam bakar+10 Dinar dimasukkan ke dalam nya = pengemis kedua malah tidak bersyukur dan minta tukar sama pengemis pertama.
Setelah terjadi selama 10hari dengan kondisi yg sama rezeki pengemis ke-2 ditukar dengan pengemis 1.
Akhirnya Ummu Ja'far bertanya langsung kepada mereka, "apa yang kalian dapatkan?"
Pengemis 1 "Aku mendapatkan kemurahan sifatnya Allah kasih sayang yang tak terbatas"
Pengemis 2 "aku hanya dapat ayam bakar dan itupun aku tukar dengan pengemis 1.
Ketika hanya berserah diri kepada Allah, Allah memberikan rezeki+kasih Sayang
Ketika hanya bersandar kepada mahluk kamu hanya dapat rezeki tapi diharamkan kemurahan sifatnya NYA Allah

Hati Abu Hasyim tenang sepanjang hidup nya ketika memikirkan tentang rezeki"aku tidak takut miskin, karena  DUA HAL 1. aku siqah dan yakin pada Allah 2. AKU TIDAK PERNAH BERHARAP HARTA YANG DIMILIKI ORANG LAIN "

Seorang ibu membangun rumah besar, berharap anak² berbagi ketika meninggal. Ternyata tidak ada yang tinggal dan dijual karena anaknya ada rezeki masing².

Selesaikan PR besar pada diri kita yang khawatir tentang ekonomi/rezeki secara berlebihan.
Semoga Allah memberikan kecukupan pada kita. Karena kecukupan perniagaan yang paling mahal.
Dahsyatnya bersandar kepada Allah. Jangan khawatir pada rezeki. Bukankah kamu puasa karena Allah. Kenapa yakin ketika puasa kepada Allah, tapi kenapa khawatir terhadap rezeki yang sudah Allah tetapkan.

Day 11
By ust. Oemar Mita


No comments:

Post a Comment

Rahmat Allah Itu Nyata Dan Hati Yang Takut Ketika Ramadhan Berlalu

  Eps.29&Eps.30 Imam Ibnu Qayyim Berbahagialah ketika mengetahui kadar dirinya. Kalau lah masuk neraka dia tahu karena kesalahannya K...